Posted by : Yuuji


Ultraman


Ultraman (ウルトラマン, Urutoraman) adalah karakter tituler dari film tahun 2022 Shin Ultraman, yang berfungsi sebagai interpretasi ulang dari karakter bernama serupa dari serial TV tahun 1966. Meskipun nama aslinya adalah Lipiah (リピアー, Ripiā),[3] ia mengadopsi nama yang diberikan kepadanya oleh umat manusia.

Etimologi

Istilah "Ultraman" adalah kependekan dari nama kode lengkap Giant Humanoid Lifeform Ultraman (Sementara) (巨大人型生物ウルトラマン(仮称), Kyodai Hito-gata Seibutsu Urutoraman (Kashō)) yang ditugaskan oleh SSSP dan merupakan gabungan dari "Ultra" , kata sandi rahasia yang digunakan oleh agensi Asami sebelumnya, dan "manusia", untuk bentuk humanoidnya. Meskipun ia juga dianggap sebagai "Makhluk Luar Angkasa" (外星人, Gaiseijin) oleh kelompoknya, Ultraman tidak diberi nomor, tidak seperti Zarab dan Mefilas, yang menggunakan nomor 2 dan 0.


Nama aslinya, Lipiah, berasal dari Lippia, genus tumbuhan berbunga yang dinamai menurut nama seorang naturalis dan ahli botani Perancis, Augustus Lippi. Dalam bahasa bunga (Hanakotoba), Lippia berarti ikatan, kejujuran dan pengertian.


Dalam film tersebut, satu-satunya orang yang memanggil Ultraman dengan nama aslinya adalah Zōffy, namun sejak itu ia beralih ke nama aslinya, menerima bahwa saudara-saudaranya telah mengadopsi nama baru di Bumi.


 Sejarah


Konsep seni pertama dibuat pada 3 Oktober 2018 oleh Hideaki Anno, menggunakan setelan pertama Ultraman aktor Bin Furuya sebagai dasar kerangka tubuh. Ingin desain Ultraman sesuai dengan visi Tohl Narita, Anno meminta izin dari putra Narita, Kairi, untuk menggunakan lukisan tahun 1983 Inkarnasi Kebenaran, Keadilan, dan Kecantikan (真実と正義と美の化身, Shinjitsu to Seigi to Bi no Keshin ) sebagai referensi.[5][6]

Desain akhir Ultraman mengambil berbagai isyarat desain yang mengingatkan kembali pada rancangan aslinya, seperti:

Topeng ini diproduksi oleh modeler Akira Sasaki, diawasi oleh Narita.
Rangka tubuhnya didasarkan pada sosok Bin Furuya (menurut situs Twitter resmi Khara, hanya bagian kaki dari draft asli yang lolos ke final).
Kurangnya Pewaktu Warna, sirip punggung, dan lubang intip di mata sesuai dengan niat awal Tohl Narita.
Selain itu, desainnya juga nampaknya mengambil elemen dari setelan yang digunakan pada seri 1966, seperti fitur wajah setelan tipe C dan kaki setelan tipe B yang agak lancip. Garis merah pada badan dan kaki juga dibuat lebih bersudut dibandingkan yang biasa terlihat pada penampilan lainnya.

Profile



Statistik

  • Tinggi: 60 m
  • Berat: 2.900 t (berat diperkirakan berdasarkan jejak kakinya)
  • Dunia Asal: Planet Cahaya (光の星, Hikari no Hoshi)
  • Kecepatan Penerbangan Maksimum: 12.000 km/jam (bidang perjalanan)[13]
  • Kelemahan: Waktu Ultraman di Bumi terbatas karena fusinya dengan Kaminaga dan perluasan bran Planck, yang dengan cepat menghabiskan cadangan Spacium-133 miliknya. Begitu dia mendekati batas tersebut, warna tubuhnya berubah dari merah menjadi hijau.
Perubahan

Ultraman berubah menjadi wujud aslinya dari Shinji Kaminaga, manusia yang dia ikat dan tiru. "Kaminaga" melakukan ini melalui Beta Capsule, dimana dia menekan tombolnya. Selama transformasi, kepalan tangan merah tembus pandang Ultraman muncul dan meraih "Kaminaga", dan naik dari ukuran manusia ke ketinggian sebenarnya saat kilatan cahaya merah menyertai transformasi.

Kemampuan
  • Spacium 133 (スペシウム133, Supeshiumu Ichi San San): Tubuh Ultraman secara alami mengandung unsur superberat Spacium dengan nomor atom 133. Zat tersebut memberinya sejumlah kemampuan.
  • Penerbangan: Ultraman terbang dengan memanipulasi Spacium 133 di tubuhnya untuk mengubah gravitasi.
  • Proyeksi Energi: Ultraman dapat memproyeksikan energi Spacium internalnya dalam bentuk Sinar Panas Gelombang Cahaya dalam berbagai bentuk. Metode paling dasar tampaknya adalah Spacium Ray miliknya tetapi dia dapat mewujudkannya dalam bentuk dan bentuk lain.
  • Perubahan Ukuran: Berbeda dengan Kotak Beta, Kapsul Beta Ultraman hanyalah sebuah perangkat 'penyala', biaya untuk memperbesar ukuran dan mempertahankan perawakannya menggunakan cadangan energi internalnya sendiri.
  • Daya Tahan: Ketika ditangkap oleh Zarab dalam bentuk alien, alien tersebut memilih untuk menahannya daripada membunuhnya karena akan 'sulit' menyiratkan bahwa bahkan di luar Sistem Beta, Ultraman sangat tahan lama, yang masuk akal, jika tubuhnya berat. dipenuhi dengan elemen superberat. Daya tahan ini tampaknya meluas ke bentuk manusianya, seperti ketika Kaminaga jatuh dari orbit ke laut, tubuhnya masih dapat dipulihkan dan dia tertidur sampai aktivasi Zetton membangunkannya. Selain itu, meski tidak dinyatakan atau ditampilkan secara langsung, Shinji ditahan dalam waktu yang cukup lama oleh Zarab dan tidak menunjukkan tanda-tanda kelaparan atau kelelahan, menyiratkan bahwa dia juga bisa bertahan tanpa makan lebih lama dari manusia.
  • Imunitas Berbasis Sistem Beta: Melalui sifat Sistem Beta yang digunakan dalam transformasinya, Ultraman memiliki bentuk kekebalan yang hampir absolut terhadap segala bentuk kerusakan termasuk kerusakan fisik, listrik, dan radiasi. Namun, makhluk lain yang menggunakan Sistem Beta dapat melukainya, dan ditarik ke dalam lubang hitam tampaknya berakibat fatal.
  • Planck Brane Traversal: Menggunakan metode yang sama yang dia gunakan untuk bertransformasi, Ultraman malah dapat mentransfer dirinya ke dimensi Planck Brane dan menavigasinya. Dia bisa meninggalkannya di ruang biasa kapan pun dia mau.
  • Travel Sphere: Ultraman dapat mengubah dirinya menjadi bola cahaya merah yang memungkinkan dia mencapai kecepatan terbang maksimumnya. Meskipun tidak dinyatakan secara langsung, keadaan ini kemungkinan besar merupakan kemampuan yang diberikan melalui penggunaan Sistem Beta daripada kemampuan biologisnya sendiri.
  • Berbagi Kekuatan Hidup: Ultraman mampu membagi kekuatan hidupnya dengan tubuh manusia, namun dengan melakukan hal tersebut, manusia yang terikat dengannya akan berada dalam kondisi koma. Jika Ultraman mengorbankan seluruh hidupnya untuk manusia, kebangkitan penuh dapat dicapai.
  • Penyamaran Manusia: Ultraman mampu menyamar sebagai manusia, lebih khusus lagi yang terikat dengannya, Shinji Kaminaga.
  • Penyerapan Memori: Meskipun tidak sempurna, Ultraman mampu memanfaatkan memori inangnya dalam bentuk keahliannya dalam bidang mata-mata dan pengumpulan intelijen.
  • Membaca Cepat: Saat dalam wujud manusia, Ultraman mendemonstrasikan kemampuan ini, membaca seluruh halaman, atau dua kali dalam sekejap, sebelum membalik halaman.
  • Persepsi Sensorik Ekstra: Saat dalam bentuk manusia dan tampaknya tidak sadarkan diri untuk jangka waktu yang lama, Ultraman menyadari Zetton menyelesaikan persiapan sebelum penembakan.
  • Indera Penciuman Akut: Ultraman dapat menggunakan indera penciumannya untuk melacak Kotak Beta ke lokasinya.
Teknik spesial
  • Spacium Beam 133 (スペシウム光線133, Supeshiumu Kōsen Ichi San San)[14]: Ultraman melepaskan Spacium 133 di tubuhnya sebagai sinar panas gelombang cahaya ketika dia meletakkan tangannya di salib.[8] Saat pertama kali mendarat, kekuatannya cukup untuk merusak lingkungan sekitar dan mengionisasi udara menjadi plasma. Tampaknya dia mampu mengendalikan intensitas sinarnya, seperti saat dia melawan Neronga, Ultraman mengisi Energi Spacium di tubuhnya sebelum melepaskan sinarnya secara maksimal, mengakibatkan kehancuran sebuah bukit besar bersamaan dengan terbunuhnya Neronga. Ketika dia melawan Zarab yang menyamar sebagai dirinya, Ultraman langsung menembakkan Spacium Beam alih-alih mengisi dayanya, dan hasilnya adalah sinar tersebut mengirim Zarab terbang beberapa mil ke udara. Ultraman kemungkinan melakukan ini untuk menghindari kerusakan tambahan di tengah kota.
  • Ultra Slash (ウルトラスラッシュ, Urutora Surasshu): Ultraman dapat membentuk cakram energi seperti gergaji di tangannya dan melemparkannya ke musuh, mengiris monster dengan mudah. Dia juga dapat menggunakan Ultra Slash versi berukuran raksasa yang dapat dipecah menjadi banyak cakram yang lebih kecil saat dilempar.
  • Physical
  • Rotasi: Dengan cara yang mirip dengan High Spin versi aslinya, Ultraman dapat berputar dengan kecepatan tinggi untuk membangun kekuatan rotasi untuk serangan tendangan atau untuk memblokir proyektil musuh dalam jumlah terbatas.
  • Ultra V Barrier: Dengan menyilangkan lengannya, Ultraman dapat memblokir aliran sinar energi yang ditembakkan ke arahnya.
Lainnya 
  • Rebound Beam (リバウンド光線, Ribaundo Kōsen): Mirip dengan Ultra Barrier versi aslinya, Ultraman dapat menghasilkan perisai persegi panjang transparan di udara untuk melindungi dirinya dari serangan.
Senjata

  • Beta Capsule (ベーターカプセル, Bētā Kapuseru): Item transformasi untuk Ultraman untuk kembali ke bentuk aslinya. Ia bekerja berdasarkan prinsip Sistem Beta (ベーターシステム, Bētā Shisutemu), yang dikembangkan untuk memperbesar pengguna sekaligus membuat mereka kebal terhadap sebagian besar bentuk kerusakan melalui Planck Brane ekstradimensi (プランクブレーン, Puranku Burēn).
  • Lubang Dimensi Keenam: Dengan menekan Kapsul Beta lagi, bola energi ekstradimensi (secara teknis, lubang dimensi pada Brane Planck) dihasilkan di sekitar Ultraman selama satu milidetik. Seperti yang diteorikan oleh Taki, melalui prinsip perpindahan dimensi, energi panas Bola Api Super Panas 1 Triliun Derajat Zetton akan ditransfer ke Brane Planck ketika kedua entitas bersentuhan, menciptakan lubang cacing dalam dimensi paralel.
Sc:Wiki fandom

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © THE ULTRAS INDONESIA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -